Setelah Menggunakan GPS Tracker Penyalahgunaan Mobil Dinas Di China Berkurang

Ada fakta menarik tentang GPS Tracker dari negara tirai bambu Cina. Raksasa Asia ini telah membuktikan keampuhan GPS Tracker.

Pemerintah Cina telah membuktikan bahwa penggunaan GPS Tracker dapat mengurangi atau bahkan memberantas tindak penyalah gunaan mobil dinas untuk keperluan pribadi.

Seperti halnya juga di negara kita, angka penggunaan mobil dinas untuk keperluan pribadi di Cina sangat tinggi, dikabarkan sedikitnya terdapat 200.000 mobil dinas yang digunakan setiap waktunya untuk keperluan pribadi.

Kebijakan pemerintah Cina untuk menggunakan GPS Tracker di seluruh armada mobil dinas dilakukan setelah dilakukan serangkaian percobaan di kawasan sebelah selatan kota Guangzhou.

Di area ini seluruh armada kendaraan dinas dipasangkan GPS Tracker dan terhubung dengan Fleet Management System yang dapat dikontrol dari pusat.

Dengan adanya GPS Tracker di kendaraan dinas, maka sopir dan atau pejabat yang memegang hak kendaraan menjadi enggan untuk menggunakan kendaraan tersebut di luar urusan kantor karena setiap saat GPS Tracker yang terinstall di kendaraan tersebut akan mengirimkan data langsung Fleet management System sehingga keberandaan kendaran dinas itu dapat dipantau oleh pusat.

Berdasarkan data lembaga pengawas antikorupsi setempat, metode penggunaan GPS Tracker di Cina ini cukup ampuh. Pemerintah kota setempat dikabarkan berhasil menghemat pengeluaran sebesar 42.000.000 Yuan (sekitar 5.000 Yuan / kendaraan ) atau setara dengan Rp. 77.983.000.000,00 setiap tahunnya.

Suatu penghematan yang luar biasa sangat besar dengan hanya melakukan investasi yang kecil melalui pengadaan GPS Tracker  dengan harga tidak sampai Rp. 3.000.000,00 per buahnya. Sungguh merupakan tindakan yang bijaksana.

Jika sebuah kota saja sudah dapat menghemat 42.000.000 Yuan bayangkan berapa uang negara yang dapat dihemat jika seluruh kendaraan dinas di cina telah dipasangkan GPS Tracker.

Manfaat lain yang didapat pemerintah Cina melalui penggunaan GPS Tracker selain penghematan uang adalah meningkatnya disiplin para karyawan.

Berita lengkapnya dapat di baca di  :

http://otomotif.antaranews.com/berita/400184/mobil-dinas-di-china-dipasangi-gps-demi-cegah-penyalahgunaan

http://m.detik.com/news/read/2013/10/12/065422/2385134/1148/dipasangi-gps-tingkat-penyalahgunaan-mobil-dinas-di-china-jadi-berkurang

Berita tersebut di atas membuat keampuhan GPS Tracker tidak diragukan lagi dan manfaatnya sungguh besar. Selain itu berita ini juga dapat membuka wawasan bahwa manfaat GPS Tracker bukan hanya semata – mata ampuh untuk mencegah pencurian kendaraan.

GPS Tracker juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya selain ampuh mencegah pencurian kendaraan.

Jika pemerintah Cina telah menggunakan GPS Tracker, kapan ya pemerintah Indonesia akan menyusul menggunakan GPS Tracker di kendaraan dinas ??

Sebagai tambahan informasi dalam APBN 2013, Pemerintah Indonesia merencanakan membeli 18.502 kendaraan dinas baru dari berbagai macam type, merek dan harga guna melakukan penggantian dan atau penambahan atas kendaraan dinas yang sudah ada saat ini dengan anggaran sebesar Rp. 2.570.000.000.000,00. (sumber www.lipsus.kompas.com). Entah berapa ya jumlah kendaraan dinas pemerintah di seluruh Indonesia saat ini ? yang pasti tidak kalah banyaknya dengan negara Cina.

Saat ini terdapat berbagai macam GPS Tracker yang dapat digunakan guna menunjang kegunaan di atas, misalnya :

Semua type GPS Tracker tersebut dapat diperoleh di www.tokogpstracker.com dengan harga yang sangat ekonomis.

 

 

Share
This entry was posted in Artikel GPS Tracker and tagged , , . Bookmark the permalink.