Apakah GPS Tracker itu ?

 

 

GPS Tracker merupakan alat  yang menggabungkan kecanggihan teknologi Global Posisioning System (GPS) dengan teknologi General Packet Radio Service (GPRS) yang terdapat pada jaringan GSM.

GPS Tracker secara periodik akan menerima  signal dari konstelasi 24 satelit GPS yang dimiliki dan dioperasikan oleh United State Air Force.

Untuk menentukan suatu posisi secara tepat GPS Tracker harus menerima signal yang minimal  dikirimkan  oleh 3 satelit GPS sehingga data koordinat tersebut digolongkan sebagai data yang valid dan akurat.

Alat GPS Tracker dapat diinstallkan dalam suatu kendaraan, sehingga GPS Tracker dapat mengirimkan posisi kendaraan ke pemiliknya dimanapun sang pemilik sedang berada.

Data koordinat yang diterima oleh GPS Tracker akan diteruskan server GPS Tracking   menggunakan jalur GPRS sehingga koordinat tersebut dapat ditampilkan dalam peta secara real time untuk mempermudah pemantauan kendaraan.

Mengingat signal GPRS terkadang masih sulit untuk di dapat oleh perangkat GPS Tracker maka untuk menghindari masalah hilangnya data koordinat saat ini telah tersedia GPS Tracker  telah dilengkapi dengan memori internal (contoh gps tracker tersebut dapat di lihat di sini).

Memori tersebut akan menyimpan data koordinat yang diterima GPS Tracker dari satelit saat signal GPRS tidak tersedia. Setelah GPS Tracker berhasil mendapatkan kembali signal maka memori tersebut akan langsung dikirimkan ke server GPS Tracking.

Beberapa GPS Tracker juga telah dilengkapi dengan sensor – sensor yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal selain dapat mengirimkan data koordinat. Karena memiliki sensor – sensor maka GPS Tracker juga dapat dimanfaatkan untuk memantau aktifitas kendaraan, misalnya status mesin apakah sedang hidup atau mati, pintu sedang terbuka atau tertutup dan lain sebagainya.

 

Share
This entry was posted in Artikel GPS Tracker and tagged , , . Bookmark the permalink.